You are herePsikotes, TOEFL dan Wawancara untuk calon Mahasiswa Baru Kedokteran dan Psikologi.

Psikotes, TOEFL dan Wawancara untuk calon Mahasiswa Baru Kedokteran dan Psikologi.


By iqbal_sultan - Posted on 23 July 2013

 

Mahasiswa Baru program studi Pendidikan Dokter dan program studi Psikologi akan mengikuti psikotes, TOEFL, dan wawancara. Pengumuman tersebut diinformasikan oleh rektor unhas usai rapat penetapan nama-nama hasil seleksi JNS dan POSK., Selasa(23/07) di ruang rektor lantai 8, Rektorat Unhas.

Bagi mahasiswa baru program studi Pendidikan Dokter dan program studi Psikologi dijadwalkan akan menjalani psikotes pada 29 Juli 2013 di Baruga A. P. Pettarani.

Prof. Dr. Dadang A. Suryamiharja M. Eng. Selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik mengungkapkan bahwa psikotes, TOEFL dan wawancara tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan mahasiswa baru pada program studi Pendidikan Dokter dan program studi Psikologi yang berkompeten.

“Psikotes, TOEFL dan wawancara untuk melihat kualitas kejiwaan calon yang nantinya bisa melaksanakan profesi dokter dengan baik di masyarakat. Bilamana hasil tes mendeteksi adanya ganggungan, maka selanjutnya akan dilakukan wawancara lebih mendalam untuk melihat prospek kejiwaan cocok atau tidak untuk profesi kedokteran. Tes ini selain untuk profesi kedokteran, juga didedikasikan untuk konsentrasi psikolog.”

Dadang menambahkan bahwa dua jurusan ini menjadi fokus utama dari serangkaian tes untuk bisa menghasilkan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Peningkatan kualitas ini diharapkan bisa mengatasi keluhan masyarakat yang menyoroti kurangnya kepedulian dokter-dokter pada kondisi masyarakat saat sekarang ini.

“Bentuk tes diawali dengan psikotes selanjutnya disusl dengan TOEFL dan wawancara secara berjenjang. Apabila mahasiswa baru tidak mengikuti atau mengabaikan tes tersebut maka ia akan dinyatakan gugur,” tuturnya.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Idrus Paturusi juga mengungkapkan bahwa melalui psikotes, TOEFL, dan wawancara tersebut calon mahasiswa baru kedokteran dan psikologi diharapkan memiliki 3 kemampuan. “Calon dokter harus memiliki kemampuan yang paripurna, memiliki jiwa sosial dan memiliki etika,” tegasnya.

 

Kepada seluruh peserta JNS dan POSK yang dinyatakan lulus nantinya diwajibkan untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru unhas tahun akademik 2013/2014 dengan membayar UKT pada 12 s/d 16 Agustus 2013 di bank BNI seluruh Indonesia dengan menunjukkan kartu JNS atau POSK, mengisi formulir online melalui laman www.unhas.ac.id/pmb/registrasi pada 12 – 16 agustus 2013 serta mendaftarkan diri di gedung registrasi unhas tamalanrea sesuai jadwal masing-masing di surat panggilan (dapat di download di www.unhas.ac.id/pmb/registrasi).